Posts Subscribe to This BlogComments

Hubungi Kami

KMBM Cilegon

1 2 3 4 5

Booklet


Pengertian Booklet

Booklet adalah media komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa, dan berbentuk cetakan. Sehingga akhir dari tujuannya tersebut adalah agar masyarakat yang sebagai obyek memahami dan menuruti pesan yang terkandung dalam media komunikasi massa tersebut.

Komunikasi yang mengalami perkembangan secara pesat dan biasanya dihubungkan secara langsung dengan HT (High Teknology), hal ini disebabkan adanya kesaling terikatan antara komunikasi dan high teknologi tersebut. Maka dengan adanya high treknologi tersebut antara jarak dan waktu dalam dunia saat ini tidaklah menjadi masalah yang banyak diributkan oleh masyarakat luas.
Booklet dalam bagiannya sebagai salah satu media komunikasi yang tergantung pada high teknologi ini merupakan alternatif yang menyugukan ke efektifan dan keefisienan dalam hasil dan prosesnya. Sehingga mampu menjadi sebuah alternatif di masa yang serba instan (cepat) ini.
Menurut effendy sholeh dalam bukunya periklanan di era masa kini, menyebutkan, bahwa booklet adalah ; suatu sarana periklanan yang mampu menarik banyak konsumen-konsumen produktif. Hal ini disebabkan oleh adanya booklet yang bisa mencakup tidak hanya satu produk saja, akan tetapi dapat mencakup berbagai jenis-jenis produk yang itu bisa membuat konsumen melakukan perbandingan dalam hal marketing.
Jika pengertian booklet ditinjau dari sisi produksi, maka dapat diambil pengertian bahwa booklet adalah sebuah media massa cetak yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, memberitahukan informasi. Sehingga pandangan umum masyarakat mengatakan bahwa booklet tidak jauh berbeda dengan promosi atau sponsor-sponsor. Sebagai contohnya adalah sebuah perusahaan wara laba yang menggunakan jasa media komunikasi massa berupa booklet, untuk memasarkan barang-barang yang diproduksinya. Mulai dari :
- bentuk barang produksi
- keunggulan dan kelemahan barang produksi
- perbedaannya dengan barang sama tetapi diproduksi oleh usaha lain
- dimana bisa memperolehnya dan
- berapa harga dari produksi tersebut
Sedangkan jika ditinjau dari penyebarluasannya, booklet mempunyai pengertian bahwa adalah sebuah media dari komunikasi massa yang tidak hanya menyiarkan, memberitahukan dan memasarkan, akan tetapi booklet ini juga bisa berupa sebuah perwujudan dari sebuah informasi yang bisa berupa pengertian-pengertian asal usul berdirinya organisasi, penyuluhan dari organisasi-organisasi, serta pemberitahuan masyarakat yang biasanya lebih bersifat umum. Contohnya disini adalah : sebuah organisasi yang baru mucul, kemudian dengan media komunikasi berupa booklet berusaha untuk memberitahukan kepada masyarakat luas, bahwa telah berdiri organisasi yang seperti itu, setelah masyarakat mengetahui adanya eksistensi organisasi tersebut, maka langkah organisasi tersebut adalah penyuluhan-penyuluhan atau hasil produksi dari bidang kekhususan organisasi tersebut. Setelah itu melalui booklet ini, organisasi tersebut mulai mengisi booklet tersebut dengan pesan-pesan yang lebih bersifat umum, seperti larangan memakai narkoba, larangan seks bebas, anjuran agar giat bekerja, anjuran untuk meningkatkan ketakwaan dan sebagainya sesuai dengan visi dan misi organisasi tersebut.dan biasanya lembaga-lembaga yang menggunakan metode ini seperti :
1. Organisasi Partai Politik
Adalah organisasi yang bergelut dibidang perpolitikan, seperti Golkar, PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Persatuan ), PKS (Partai Keadilan Sosial), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan lain-lainnya. Lembaga ini menggunakan media booklet sebagai wadah komunikasi dengan kader-kadernya. Dan juga sarana promosi Visi dan Misi organisasi partai tersebut sehingga mendapatkan partisipan yang banyak
2. Organisasi Kepemudaan
Organisasi kepemudaan yang biasanya bergerak dalam hal-hal kepemudaan, seperti gerakan organisasi pemuda pemuda Nahdlatul Ulama’. Gerakan pemuda Pancasila dan lain sebagainya. Organisasi ini tidak jauh beda dengan organisasi partai politik, yang menggunakan booklet sebagai wadah aspirasi kejiawaan anggota-anggotanya dan sumber informasi tentang organisasi tersebut
3. Organisasi Keagamaan
Organisasi ini biasanya memanfaatkan booklet sebagai wadah dakwah atau si’ar dari agama tersebut
4. Organisasi Kemahasiswaan
Organisasi ini yang biasanya sangat idealis dengan keintelektualannya ini, biasanya menggunakan fungsi booklet ini sebagai sara atau wadah untuk mengaktualisasikan teori yang ada di benak mereka
5. Organisasi Kedaerahan
Organisasi kedaerahan ini memanfaatkan media komunikasi yang berupa booklet sebagai sarana untuk memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan daerah yang bersangkutan.
Lembaga-lembaga yang lain masih banya yang menggunakan fungsi dari booklet ini. Dan biasanya itu tak bisa lepasa dari visi dan misi lembaga tersebut
B. Keunggulan dan Kelemahan Booklet
Sesuatu itu tak mungkin bisa lepas dari keunggulan dan kelemahan. Sedangkan keunggulan dan kelemahan dari booklet itu adalah :
1. keunggulan
- keunggulan dari booklet itu adalah bahwa booklet ini menggunakan media cetak sehingga biaya yang dikeluarkannya itu bisa lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media audio dan visual serta juga audio visual
- proses booklet agar sampai kepada obyek atau masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu
- proses penyampaiannya juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada
- lebih terperinci dan jelas, karena lebih banyak bisa mengulas tentang pesan yang disampaikannya
2. Kelemahan
- booklet ini tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, karena disebabkan keterbatasan penyebaran booklet
- tidak langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara langsung (tertunda)
- memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya
C. Booklet di Masa Kini
Pada masa era sekarang ini, pemanfaatan Booklet terjadi disegala bidang. Baik didalam periklanan maupun dalam hal-hal yang lain. diakui karena disebabkan adanya bahwa hasil yang diberikan dari pemanfaatan Booklet ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan media yang lain, seperti Leaflet dan lain-lain
Dengan maraknya pemanfaatan Booklet ini dalan hal periklanan ternyata dapat menimbulkan dampak yang Negatif dalam masyarakat kita. Terutama masyarakat kita yang menjadi Konsumerisme karena disebabkan dari penyebaran ini. Masyarakat seolah-olah disuguhi dengan bermacam-macam barang dan juga jasa.. sehingga mendorong manusia untuk selalu menuruti hawa nafsunya.
Sebagai contoh yang dekat dengan kita adalah adanya sebuah Booklet yang dikeluarkan oleh Supermarket tertentu. Dalam Booklet yang disebarkan Supermarket tersebut memberikan gambaran-gambaran produk apa yang dijualnya. Yang lebih parah adalah dengan adanya iming-imingan diskon yang tinggi. Itu semua bisa membuat masyarakat kita jadi Shoopholic
Tidak hanya itu saja, perusahaan-perusahaan marketing juga semakin berlomba-lomba dalam mencari profit. Sehingga tidak jarang menimbulkan persaingan yang kurang sehat diantara pengusaha-pengusaha tersebut.
Terima Kasih...

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

 

Sablon Kaos

Nuansa Beda - Karya Nyata